Distribusi dan keanekaragaman jenis makroalga pada ekosistem lamun dan terumbu karang di pantai Desa Haya, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku

  • Karel M Melsasail
  • Umar Namakule

Abstract

Haya merupakan salah satu desa di Kabupaten Maluku Tengah yang memiliki keanekaragaman jenis makroalga tersebar pada berbagai habitat dan belum teridentifikasi jenis serta sebarannya pada ekosistem lamun dan terumbu karang. Selain itu juga, keberadaan makroalga terancam oleh berbagai macam aktifitas masyarakat seperti pembuangan sampah dan limbah rumah tangga ke pantai, serta aktifitas nelayan menggunakan perahu yang merusak habitat makroalga. Dengan demikian peneliti merasa sangat perlu untuk melaksanakan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui distribusi dan keanekaragaman jenis makroalga pada ekosistem lamun dan terumbu karang di pantai desa Haya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode transek liniear kuadrat. Transek yang digunakan sebanyak 5 buah dengan kuadrat berukuran 1x1 meter sebanyak 10 buah, serta didukung dengan pengukuran parameter fisika kima perairan seperti suhu menggunakan termometer, kuat arus menggunakan bola arus, kedalaman menggunakan tongkat berskala, salinitas menggunakan refaktometer, dan pH menggunakan pH meter. Jenis makroalga yang ditemukan di pantai Desa Haya sebanyak 12 jenis, 5 jenis pada ekosistem lamun dan 7 jenis pada terumbu karang. Distribusi makroalga pada ekosistem lamun dengan cara melekat pada substrat pasir dan lumpur, sedangkan pada terumbu karang dengan cara melekat dan menancap pada batu karang di rataan terumbu. Nilai keanekaragaman jenis makroalga pada ekosistem lamun tergolong rendah (1,381), sedangkan pada terumbu karang tergolong sedang (2,806). Kondisi faktor fisika-kimia perairan berupa suhu (29,2°C), kuat arus (23,8 cm/detik), kedalaman (124 cm), dan salinitas air laut (32,9 ppt) masih berada dalam kisaran yang baik untuk pertumbuhan makroalga, sedangkan derajat keasaman (pH) air laut (6,07) berada dalam kisaran yang tidak baik bagi perumbuhan makroalga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-25
How to Cite
MELSASAIL, Karel M; NAMAKULE, Umar. Distribusi dan keanekaragaman jenis makroalga pada ekosistem lamun dan terumbu karang di pantai Desa Haya, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Jurnal Biologi Udayana, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 126-134, dec. 2020. ISSN 2599-2856. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bio/article/view/68193>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JBIOUNUD.2020.v24.i02.p08.