IDENTIFIKASI BAKTERI DARI IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) YANG DIPERDAGANGKAN DI PASAR IKAN KEDONGANAN BALI

  • Gusti Ayu Dianti Violentina
  • Yan Ramona
  • I Gusti Ngurah Kade Mahardika

Abstract

Ikan tongkol (Euthynnus affinis) merupakan ikan konsumsi yang disukai masyarakat.Pengetahuan tentang bakteri yang ditemukan pada tubuh ikan ini sangat penting untuk tujuan kesehatan masyarakat dan kajian biologi ikan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bakteri yang berasosiasi dengan ikan tersebut.Bakteri dari usus ikan diambil secara aseptis dan ditumbuhkan pada Blood Agar dan Nutrient Broth. DNA total dari kultur agar cair diisolasi dengan chelax, gen 16S RNA diamplifikasi dengan PCR menggunakan primer universal dengan produk sekitar 1300 bp. Produk PCR dirunut dengan metode Big-Dye termination. Hasilnya disepadankan dan dianalisis dengan MEGA 6.0. Pada penelitian ini, 14 spesies bakteri yang memiliki > 99% kesamaan dengan data GenBank
teridentifikasi, yaitu Photobacterium leiognathi, Uruburuella testudinis, Aeromonas molluscorum, Psychrobacter celer, Psychrobacer faecalis, Acinetobacter johnsonii, Vibrio gallicus, Bacillus megaterium, Vagococcus fessus, Shewanella baltica, Shewanella algae, Rothia nasimurium, Myroides phaeus dan Yersinia ruckeri. Peran bakteribakteri tersebut dalam biologi ikan dan kesehatan masyarakat perlu dikaji lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-01
How to Cite
DIANTI VIOLENTINA, Gusti Ayu; RAMONA, Yan; MAHARDIKA, I Gusti Ngurah Kade. IDENTIFIKASI BAKTERI DARI IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) YANG DIPERDAGANGKAN DI PASAR IKAN KEDONGANAN BALI. Jurnal Biologi Udayana, [S.l.], v. 19, n. 2, dec. 2015. ISSN 2599-2856. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/BIO/article/view/21255>. Date accessed: 11 aug. 2020.

Keywords

Ikan tongkol, bakteri, 16S rRNA