SELEKSI PARSIAL Vibrio spp. KANDIDAT PROBIOTIK : VIABILITAS PADA BERBAGAI KONDISI SUHU, pH DAN SALINITAS

  • Faturrahman Faturrahman
  • Luluk Widiyanti

Abstract

Potensi penggunaan Vibrio sebagai probiotik ikan dan udang telah diketahui dengan baik. Tujuan penelitian ini  adalah  untuk mengevaluasi viabilitas beberapa galur Vibrio kandidat probiotik untuk dapat tumbuh pada berbagai  kondisi lingkungan. Isolat yang digunakan adalah Vibrio sp. galur Abn1.2, galur Alg 3.1 dan galur Alg 4.2.  Ketiga   isolat  ditumbuhkan pada air laut steril dan juga pada media marine  broth pada berbagai kondisi suhu, salinitas dan pH yang berbeda. Viabilitas sel Vibrio diukur berdasarkan ada tidaknya pertumbuhan dan jumlah sel yang mampu tumbuh pada berbagai kondisi tersebut diatas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa viabilitas  sel ketiga galur Vibrio pada air laut steril terus menurun seiring dengan pertambahan waktu inkubasi. Ketiga galur dapat tumbuh dengan baik hingga 2 kali salinitas air laut dan pada rentang pH 4-8.5. Pada suhu 4 dan 40oC tidak ada satupun isolat yang mampu tumbuh, tetapi ketiga isolat Vibrio tumbuh dengan baik pada  suhu 29 dan 37oC.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Faturrahman Faturrahman
1Program  Studi Biologi, Fakultas  Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram,  Jl. Majapahit 62, Mataram 83125, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Luluk Widiyanti
2Balai Budidaya Laut Lombok, Gili Genting Desa Sekotong Barat Kecamatan Sekotong Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Published
2012-12-30
How to Cite
FATURRAHMAN, Faturrahman; WIDIYANTI, Luluk. SELEKSI PARSIAL Vibrio spp. KANDIDAT PROBIOTIK : VIABILITAS PADA BERBAGAI KONDISI SUHU, pH DAN SALINITAS. Jurnal Biologi Udayana, [S.l.], v. 16, n. 2, dec. 2012. ISSN 2599-2856. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bio/article/view/12101>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Keywords

Vibrio, viabilitas sel, probiotik, kondisi lingkungan