DIVERSITAS SERANGGA PERMUKAAN TANAH PADA PERTANIAN HORTIKULTURA ORGANIK DI BANJAR TITIGALAR, DESA BANGLI, KECAMATAN BATURITI, KABUPATEN TABANAN-BALI

  • Samsul Ma'arif
  • Ni Made Suartini
  • I Ketut Ginantra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diversitas serangga permukaan tanah pada pertanian hortikultura organik di Banjar Titigalar, Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan-Bali. Penelitian dilaksanakan dari bulan Oktober-Desember 2013. Sampel diambil menggunakan Pitfall Trap. Analisa data dilakukan dengan metode deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan serangga yang ditemukan dan kemudian diidentifikasi sampai ke tingkat Genus. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 3.066 individu serangga yang termasuk ke dalam 20 genus, 17 famili dan 7 ordo.  Keseluruhan Ordo serangga yang ditemukan adalah Hymenoptera, Orthoptera, Collembola, Coleoptera, Hemiptera, Homoptera, dan Diptera. Diversitas serangga tertinggi ditemukan pada bulan Oktober dengan nilai Indeks Diversitas (H’)=1,5821 pada malam hari, dan H’=1,3978 pada siang hari, dibandingkan yang paling rendah terjadi pada bulan Desember dengan indseks diversitas H’= 0,5829 pada malam hari dan H’= 0,9223 pada siang hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Samsul Ma'arif

Jurusan Biologi FMIPA Universitas Udayana Kampus Bukit Jimbaran, Bali

Ni Made Suartini

Jurusan Biologi FMIPA Universitas Udayana Kampus Bukit Jimbaran, Bali

I Ketut Ginantra

Jurusan Biologi FMIPA Universitas Udayana Kampus Bukit Jimbaran, Bali

Published
2014-06-30
How to Cite
MA'ARIF, Samsul; SUARTINI, Ni Made; GINANTRA, I Ketut. DIVERSITAS SERANGGA PERMUKAAN TANAH PADA PERTANIAN HORTIKULTURA ORGANIK DI BANJAR TITIGALAR, DESA BANGLI, KECAMATAN BATURITI, KABUPATEN TABANAN-BALI. Jurnal Biologi Udayana, [S.l.], v. 18, n. 1, june 2014. ISSN 2599-2856. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bio/article/view/12094>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Keywords

diversitas, serangga permukaan tanah, sistem pertanian organik

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>