IDENTIFIKASI MOLEKULER BAKTERI STREPTOCOCCUS YANG BERASOSIASI DENGAN IKAN KERAPU YANG DIPERJUALBELIKAN DI PASAR-PASAR IKAN DI BALI

  • I.B. Oka Suyasa
  • I.G.N.K. Mahardika
  • Yan Ramona

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bakteri Streptococcus sp. yang berasosiasi pada ikan Kerapu dengan menggunakan teknik-teknik molekuler Polymerase Chain Reaction (PCR) agar diperoleh identitas definitive bakteri tersebut. Dalam penelitian ini, sekuen 16S RNA marker dari bakteri-bakteri tersebut dijadikan target untuk diamplifikasi dengan metode PCR. Sekuensing produk PCR dilakukan di Berkeley Sequencing Facility, USA. Hasil sekuen nukleotida yang diperoleh selanjutnya di aligned dan di BLAST dengan menggunakan software MEGA 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teridentifikasi sebanyak dua spesies bakteri Streptococcus (sementara diberi nama Streptococcus sp. isolat A dan B). Streptococcus sp. isolat A ditemukan pada semua lokasi pengambilan sampel ikan, sementara itu isolat B hanya ditemukan pada ikan yang diambil dari pasar ikan Karangasem. Berdasarkan nilai Haplotype Diversity (HD) nya, variasi genetik bakteri Streptococcus sp. pada ikan Kerapu tergolong sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I.B. Oka Suyasa
1Politeknik Kesehatan Denpasar, Bali
I.G.N.K. Mahardika

2Lab.Biomedik dan Biologi Molekuler, FKH Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Yan Ramona

3Laboratorium Biosience dan Biotecnology, Universitas Udayana, Jimbaran, Badung, Bali

Published
2014-06-30
How to Cite
SUYASA, I.B. Oka; MAHARDIKA, I.G.N.K.; RAMONA, Yan. IDENTIFIKASI MOLEKULER BAKTERI STREPTOCOCCUS YANG BERASOSIASI DENGAN IKAN KERAPU YANG DIPERJUALBELIKAN DI PASAR-PASAR IKAN DI BALI. Jurnal Biologi Udayana, [S.l.], v. 18, n. 1, june 2014. ISSN 2599-2856. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bio/article/view/12089>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Keywords

ikan Kerapu, Streptococcus sp., 16S rRNA, Bali

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>