PRAKTIK MANAJEMEN LABA, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PRICE EARNING RATIO, AUDIT REPORT LAG TERKAIT PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN

  • Lana Suryani

Abstract

ABSTRAK
Opini audit going concern merupakan suatu opini berbentuk paragraf yang dimodifikasi yang mengemukakan keraguan auditor apakah perusahaan mampu bertahan dalam bisnisnya. Opini ini mengindikasikan bahwa auditor menilai dalam perusahaan kliennya terdapat risiko ketidakmampuan untuk bertahan dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel praktik manajemen laba, pertumbuhan perusahaan, price earning ratio, dan audit report lag pada penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2012. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian membuktikan bahwa praktik manajemen laba, price earning ratio serta audit report lag berpengaruh pada penerimaan opini audit going concern, sedangkan pada pertumbuhan perusahaan tidak ditemukan memiliki pengaruh pada penerimaan opini audit going concern.
Kata kunci: opini audit going concern, manajemen laba, pertumbuhan perusahaan, price earning ratio, audit report lag
Published
2014-07-10
How to Cite
SURYANI, Lana. PRAKTIK MANAJEMEN LABA, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PRICE EARNING RATIO, AUDIT REPORT LAG TERKAIT PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 154-170, july 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/9563>. Date accessed: 21 aug. 2019.
Section
Articles