PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM PADA PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN BELANJA MODAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI DI BALI

  • Putu Candra Gunantara
  • A.A.N.B. Dwirandra

Abstract

ABSTRAK

Kenaikan PAD dan DAU diduga tidak serta merta meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi disebabkan adanya faktor kontinjensi yaitu Belanja Modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan PAD dan DAU terhadap Pertumbuhan Ekonomi, pengaruh parsial PAD, DAU, dan Belanja Modal terhadap Pertumbuhan Ekonomi, serta pengaruh moderasi variabel Belanja Modal terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Bali. Penelitian ini mencakup 9 kabupaten/kota yang terdapat di Provinsi Bali.Data dalam penelitian ini menggunakan laporan realisasi APBD tahun 2005-2011 yang didapatkan di biro keuangan Provinsi Bali dan Badan Pusat Statistik Bali. Penelitian ini telah memenuhi syarat uji asumsi klasik dan uji kesesuaian model yang diolah menggunakan teknik Moderated Regression Analysis. Berdasarkan hasil uji simultan menunjukan bahwa PAD, DAU, dan Belanja Modal berpengaruh secara simultan terhadap Pertumbuhan Ekonomi.Sementara itu, hasil uji parsial menunjukkan bahwa PAD dan DAU berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, sedangkan Belanja Modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Hasil uji moderasi menunjukan bahwa Belanja Modal memperlemah pengaruh PAD terhadap Pertumbuhan Ekonomi, sedangkan Belanja Modal sebagai variabel pemoderasi tidak mampu memoderasi pengaruh DAU terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Hal tersebut disebabkan oleh pengalokasian pendapatan daerah untuk Belanja Modal tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga proyek yang dikerjakan bersifat mubasir.

Kata kunci : PAD,DAU,Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Modal

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-06-10
How to Cite
GUNANTARA, Putu Candra; DWIRANDRA, A.A.N.B.. PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM PADA PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN BELANJA MODAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI DI BALI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 529-546, june 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/9061>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles