PERBEDAAN ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY ATAS PENGUMUMAN KENAIKAN HARGA BBM PADA SAHAM YANG TERGOLONG LQ 45

  • I Made Joni Suparsa
  • Ni Made Dwi Ratnadi

Abstract

ABSTRAK
Pengumuman kenaikan harga BBM tahun 2013 dirasakan berbeda dibandingkan dengan pengumuman di tahun-tahun sebelumnya. Tingkat kenaikan dari harga BBM untuk tahun ini kurang lebih meningkat sebesar 50% dari harga sebelumnya. Dampaknya dapat dilihat dari reaksi pasar atas pengumuman kenaikan harga BBM di pasar modal. Reaksi pasar merupakan suatu sinyal yang diberikan oleh investor pada harga saham perusahaan di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kandungan informasi terhadap suatu peristiwa yang diumumkan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang memiliki saham yang tergolong LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 39 perusahaan, dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi nonpartisipan. Data penelitian ini diuji dengan paired samples t-test menunjukkan tidak adanya perbedaan aktivitas volume perdagangan saham dan abnormal return atas pengumuman kenaikan harga BBM. Hal ini menunjukkan bahwa investor sudah terbiasa memprediksi kapan kenaikan harga BBM akan diberlakukan, mengingat isu kenaikan harga BBM sudah beredar sebelum tanggal pengumuman.
Kata Kunci: reaksi pasar, abnormal return, dan aktivitas volume perdagangan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-05-10
How to Cite
SUPARSA, I Made Joni; RATNADI, Ni Made Dwi. PERBEDAAN ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY ATAS PENGUMUMAN KENAIKAN HARGA BBM PADA SAHAM YANG TERGOLONG LQ 45. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 7, n. 2, may 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/8880>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles