ANALISIS KINERJA REKSA DANA SAHAM DI INDONESIA

  • JR. Dwi Mas Sukma Agung
  • I Wayan Pradnyantha Wirasedana

Abstract

ABSTRAK

Reksa dana adalah  suatu perusahaan yang menanamkan modalnya dalam berbagai portofolio saham yang beragam yang dikelola oleh manajer investasi. Tidak sedikit pula para investor awam yang kurang mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam membentuk portofolio yang optimal terutama mengenai indikator yang mempengaruhi kinerja reksa dana. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kinerja reksa dana saham yang dipengaruhi oleh kebijakan alokasi aset, kinerja manajer investasi dan ukuran reksa dana yang dilakukan pada reksa dana saham yang terdaftar di Bapepam-LK periode 2008-2012 dengan teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan alokasi aset berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja reksa dana saham, kinerja manajer investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja reksa dana saham, dan ukuran reksa dana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja reksa dana saham.

Kata kunci : kebijakan alokasi aset, kinerja manajer investasi, ukuran reksa dana, kinerja reksa dana saham

Published
2014-04-10
How to Cite
AGUNG, JR. Dwi Mas Sukma; WIRASEDANA, I Wayan Pradnyantha. ANALISIS KINERJA REKSA DANA SAHAM DI INDONESIA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 250-265, apr. 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/8814>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles