Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Kualitas Pelatihan Kepala Desa Terhadap Pemahaman Laporan Keuangan Desa

  • Agnes Maya Angelina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Priyo Hari Adi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

Abstract

This study aims to determine the effect of educational background and quality of village head training on understanding village financial reports in Semarang Regency. The sampling technique used is 100 simple random sampling. This research is a quantitative research with multiple linear regression analysis method. The results of the study show that educational background and training quality variables have a positive effect on understanding financial statements as evidenced by all beta coefficients being positive.


Keywords: Educational Background; Quality of Training; Understanding of Financial Statements

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin. (2020). Dugaan Penyimpangan Dana Desa Kades Nyamatan Tengaran Dilaporkan Kejari. Ungaran News.

Arifianto, A. N. (2021). Pengaturan Syarat Minimal Pendidikan Kepala Desa. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.

Budi, W. D. I. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kualitas pelatihan, Pemanfaatan Tekhnologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern dan Pengalaman Kerja Aparatur Desa Terhadap Pemahaman Laporan Keuangan Desa ( Studi Empiris Di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2019 ). SkripsiJurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Dahlia. (2014). Pengaruh Pendidikan Pelatihan dan Pengalaman Pegawai Bagian Akuntansi terhadap Kualitas Penyajian Laporan Keuangan pada SKPD-SKPD di Pemerintah Daerah Kabupaten Majene. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 2(Tesis), 1–12.

Eriva, N., Darwanis, & Abdullah, S. (2013). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan Dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Skpk Pada Pemerintah Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Magister Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(3), 59–68.

Fontanella, A. (2010). Analisis Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pengetahuan Akuntansi Pengguna Terhadap Pemanfaatan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. JurnalAkuntansi & Manajemen, Volume 5,.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (7th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23.(Edisi 8). 8 th. edn. (by C ke VIII (ed.)). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendiantoro. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, Sistem Pengendalian Intern, Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Keandalan Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Bpkad Provinsi Sumatera Selatan). 45(45), 95–98. https://doi.org/10.52859/jba.v6i1.44

Kalimandhanu. (2014). Studi Tentang Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Perangat Selatan Kecamatan Marang Kayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Ilmu Pemerintahan, 1, 2008–2022.

Mathis, R. dan J. J. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Meuthia, R. F. dan E. (2008). Pengaruh Faktor Pendidikan, Pelatihan, Pengalaman Kerja dan Penguasaan Komputer Staf Bagian Akuntansi Terhadap Kualitas Penyajian Informasi Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, vol.3 (1), 1–15.

Murina, S. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kualitas Pelatihan Dan Pengalaman Kerja Aparatur Desa Terhadap Pemahaman Laporan Keuangan Desa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 2(3), 1.

Muzaid, M. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kualitas Pelatihan, dan Lama Pengalaman Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen,2(2):179- 196.

Novari, P. dan L. (2016). The Effect of Company Size, Leverage, and Profitability on Firm Value in the Property and Real Estate Sector. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(9), 252428.

Putri, A. H. K. (2017). Pengaruh Faktor Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Melalui Penegtahuan Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 1(2), 32–52. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v1i2.680

Romandhon. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kualitas Pelatihan, Pengalaman Kerja Aparatur Desa, dan Fasilitas Kantor Terhadap Pemahaman Laporan Keuangan Desa (Studi Empiris pada Aparatur Desa di Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 2(1), 91–106. https://doi.org/10.32500/jematech.v2i1.578

Sari, D. N. A. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 213–221. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p213

Sarwono, J. (2017). Analisis Data Riset Skripsi. Yogyakarta: Gava Media.

Setiadi. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kualitas Pelatihan, dan Lama Pengalaman Kerja terhadap Kualitas Laporan Keuangan SKPD (Mukhlisul Muzahid).

Siregar, W. (2020). Pengaruh Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan, Latar Belakang Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Desa Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.

Sumantri, S. (2000). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung, F.

Suryani, D. (2017). The Influence of Educational Background, Workload, and Non-Physical Work Environment on the Job Performance of Employees (Vol. 01, Issue 05).

Undang-Undang Peraturan Desa. (2014). Peraturan Undang-Undang Desa No. 6. In ACM International Conference Proceeding Series (Vols. 18-April-2, Issue 1). https://doi.org/10.1145/2904081.2904088
Published
2022-06-26
How to Cite
ANGELINA, Agnes Maya; ADI, Priyo Hari. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Kualitas Pelatihan Kepala Desa Terhadap Pemahaman Laporan Keuangan Desa. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 32, n. 6, p. 1618-1631, june 2022. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/85343>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2022.v32.i06.p17.
Section
Artikel