Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Hotel dan Restoran dengan Trust kepada Pemerintah sebagai Variabel Mediasi

  • I Ketut Surya Negara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia
  • Eka Ardhani Sisdyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia

Abstract

This study aims to examine the effect of the determinants of hotel and restaurant taxpayer compliance with trust to the government as a mediating variable. The study population was 8,688 hotel and restaurant taxpayers registered with the Regional Revenue Agency/Pasedahan Agung, Badung Regency. Determination of the sample using a cluster random sampling technique with a total sample of 383 registered taxpayers from 2015 to 2020. The research data was obtained through distributing questionnaires and processed using the Smart PLS program. The results showed that the tax audit variables and tax sanctions had no effect on taxpayer compliance, while service quality and tax knowledge had a direct effect on taxpayer compliance. Trust to the government is able to mediate the effect of tax audits, tax sanctions and service quality on taxpayer compliance but is unable to mediate the effect of tax knowledge on taxpayer compliance.


Keywords: Attribution Theory; Moral Theory; Tax Compliance; Trust to the Government.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, W., & Jogiyanto, H. (2016). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Andi.

Alshira’h, A. F., & Abdul-Jabbar, H. (2020). Moderating role of patriotism on sales tax compliance among Jordanian SMEs. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(3), 389–415. https://doi.org/10.1108/IMEFM-04-2019-0139

Annisah, C., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Pengetahuan Perpajakan, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 262–272. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p262-272

Arifin, S. B., & Syafii, I. (2019). Penerapan E-Filing, E-Billing Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Medan Polonia. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi, 5(1), 9. https://doi.org/10.31289/jab.v5i1.1979

As’ari, N. G. (2018). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(6), 64–76.

Asfa, E. R., & Meiranto. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage Dan Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 6(3), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Astrawan, I. K. Y., Mimba, N. P. S. H., & Dwirandra, A. A. N. . (2016). Etika Memoderasi Pengaruh Kompetensi, Pengalaman dan Independensi Pada Kualitas Hasil Pemeriksaan Inspektorat. E-Jurnal Akuntansi Unversitas Udayana, 5(6), 1841–1862. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/14986/14773

Atarwaman, R. J. D. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 6(1), 39–51.

Bahri, S. (2020). Analisi Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 20(1), 1–15. https://doi.org/10.30596/jrab.v20i1.4754

Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173–1182. https://doi.org/10.1007/BF02512353

Ermawati, N., & Afifi, Z. (2018). Pengaruh Religiusitas Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Pada Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Kudus). Jurnal Akuntansi Indonesia, 7(2), 49–62. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jai/article/view/3767/2718

Fitrianingsih, F., Sudarno, S., & Kurrohman, T. (2018). Analisis Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Denda Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Di Kota Pasuruan. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(1), 100. https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i1.7745

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Mulivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi (Edisi Kede). Universitas Diponegoro.

Harelimana, J. B. (2018). The Impact of E-procurement on the performance of public institutions in Rwanda. Global Journal of Management and Business, 18(2), 1–20.

Indriyani, N., & Askandar, N. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya-Biaya Kepatuhan Pajak dan Penerapan E-Filing pada Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus di Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang). E-JRA Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang, 07(07), 1–13. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/1427

Kohlberg, L. (1995). Tahap-tahap Perkembangan Moral. Kanisius.

Kuma, R. D. (2019). Analisa Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan Dan Persepsi Yang Baik Atas Efektifitas Sistem Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 350. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i2.3351

Kumalayani, P. A., Sukarsa, M., & Yasa, I. N. M. (2016). Kebijakan dan Kemudahan Administrasi Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Hotel dan Restoran di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(5), 1171–1196.

Limbu, W. P., & Sisdyani, E. A. (2016). Evaluasi Kinerja Dinas Pendapatan Daerah Kota Denpasar Berbasis Balanced Scorecard. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 15, 1682–1710.

Mahasena, I. B. P., Wirama, D. G., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Hotel di Kabupaten Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(3), 991–1018.

Mangoting, Y., & Sadjiarto, A. (2013). Pengaruh Postur Motivasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 15(2), 106–116. https://doi.org/10.9744/jak.15.2.106-116

Masari, N. M. G., & Suartana, I. W. (2019). Effect of Tax Knowledge, Service Quality, Tax Examination, and Technology of Compliance Regional Tax Mandatory. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 6(5), 175–183. https://doi.org/10.21744/irjmis.v6n5.722

Nguyen, T. T. D., Pham, T. M. L., Le, T. T., Truong, T. H. L., & Tran, M. D. (2020). Determinants influencing tax compliance: The case of Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 65–73. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no2.65

Noviana, C. A. (2019). the Effect of Tax Knowledge, Service Tax Authorities and Tax Penalties Firmness of Compliance in Meeting Their Income Tax Liability With an Awareness of Paying Taxes As an Intervening Variable. JTAR (Journal of Taxation Analysis and Review), 1(1), 96–117. www.bps.go.id

Obaid, M. M., Ibrahim, I., & Udin, N. M. (2020). Determinants of SMEs Tax Compliance in Yemen: A Pilot Investigation. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS, 25(1), 64–75. https://doi.org/10.9790/0837-2501016475

Oktadini, R. R., Hasan, A., & Andreas. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Membayar Pajak Daerah Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru). Procuratio, 6(1), 77–87.

Pratiwi, N. P. M. M., & Aryani, N. K. L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak dan Tapping Box pada Kepatuhan Wajib Pajak Hotel. E-Jurnal Akuntansi, 26(32), 1357. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i02.p19

Purnamasari, P., & Oktaviani, R. M. (2020). Kesadaran Membayar Pajak Memediasi Hubungan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(01), 221–230. https://doi.org/10.29040/jap.v21i1.1088

Rahayu, P., Wijayanti, A., & Suhendro. (2017). Pengaruh Kesadaran Pemahaman Wajib Pajak Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Seminar Nasional IENACO, 809–816. https://digilib.perbanas.id

Sofiana, L., Muawanah, U., & Setia, K. A. (2021). Pengaruh Sanksi Pajak Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Mediasi. Progress Conference, 4(1), 68–80.

Sucandra, L. K. I. P., & Supadmi, N. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Pajak Pengetahuan Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Restoran. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(2), 1210–1237.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujendra, I. M., Ratnadi, N. M. D., Sari, M. M. R., & Rasmini, N. K. (2019). The Effect of Corporate Social Responsibility Disclosure, Family Ownership, and Good Corporate Governance in Tax Avoidance. Research Journal of Finance and Accounting, 10(6), 44–49. https://doi.org/10.7176/RJFA

Sulistyorini, L., & Anistyasari, Y. (2020). Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 171–181.

Suryaningsih, N., & Sisdyani, E. (2016). Karakteristik Pemerintah Daerah Dan Opini Audit Pada Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. E-Jurnal Akuntansi, 15(2), 1453–1481.

Tulenan, R. A., Sondakh, J. J., & Pinatik, S. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Bitung. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 12(2), 296–303. https://doi.org/10.32400/gc.12.2.17682.2017

Utami, S., & Amanah, L. (2018). Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(4), 1–22.

Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15. https://doi.org/10.24964/ja.v5i1.253

Yaniasti, N. L. (2019). Pembentukan Karakter Anak Melalui Catur Guru. Jurnal Pendidikan Daiwi Widya, 06(1), 1–11.

Yasa, I. N. P., Kesawa, A. P., & Dewi, N. M. P. (2020). Kepatuhan Memediasi Pengaruh Kesadaran, Reformasi dan Persepsi atas Sanksi terhadap Penerimaan Pajak Daerah. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 5(1), 106. https://doi.org/10.23887/jia.v5i1.24695

Zainuddin, Z. (2017). Pengetahuan Dan Pemahaman Aturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Atas Efektifitas Sistem Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 10(2). https://doi.org/10.35448/jrat.v10i2.4252
Published
2022-04-19
How to Cite
NEGARA, I Ketut Surya; SISDYANI, Eka Ardhani. Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Hotel dan Restoran dengan Trust kepada Pemerintah sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 32, n. 4, p. 984-1001, apr. 2022. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/84664>. Date accessed: 29 june 2022. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2022.v32.i04.p12.
Section
Artikel