PENGARUH KARAKTER EKSEKUTIF, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, DAN DIMENSI TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK PADA TAX AVOIDANCE DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Ni Nyoman Kristiana Dewi
  • I Ketut Jati

Abstract

ABSTRAK

Sistem perpajakan di Indonesia adalahself assesment system sejak dimulainya tax reform pada awal tahun 1984, yang memberikan kepercayaan penuh kepada wajib pajak dalam menghitung, melaporkan, serta membayar sendiri pajak terutangnya. Dengan adanya penerapan sistem tersebut sangat diharapkan kemauan dan kepatuhan wajib pajak dalam menjalankan kewajiban perpajakannya secara sukarela sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Ketidakpatuhan wajib pajak dapat menyebabkan upaya penghindaran pajak yang marak terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakter eksekutif, karateristik perusahaan, dan tata kelola perusahaanyang baik terhadap tax avoidance.Penelitian ini difokuskan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2012, dengan memperoleh jumlah observasi sebanyak 144. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa risiko perusahaan, kualitas audit, dan komite audit berpengaruh terhadap tax avoidance masing-masing sebesar 0,012, 0,005, dan 0,017.

Kata kunci: karakter eksekutif, karakteristik perusahaan, tax avoidance, tata kelola perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-02-10
How to Cite
DEWI, Ni Nyoman Kristiana; JATI, I Ketut. PENGARUH KARAKTER EKSEKUTIF, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, DAN DIMENSI TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK PADA TAX AVOIDANCE DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 249-260, feb. 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7929>. Date accessed: 15 aug. 2022.
Section
Articles