PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF PADA SENJANGAN ANGGARAN DENGAN BUDGETARY CONTROLDAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

  • Ni Made Citra Dewi, I Putu Sudana

Abstract

ABSTRAK

Senjangan anggaran merupakan suatu kondisi disfungsional yang dapat dilakukan oleh manajer pada level menengah dan bawah jika organisasi tersebut menerapkan penganggaran partisipatif. Penelitian ini betujuan untuk menguji pengaruh penganggaran partisipatif pada senjangan anggaran serta menguji pengaruh dari budgetary control dan komitmen organisasi sebagai pemoderasinya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah moderated regression analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penganggaran partisipatif berpengaruh positif pada senjangan anggaran. Selanjutnya, budgetary control dan komitmen organisasi mampu memperlemah pengaruh penganggaran partisipatif pada senjangan anggaran.

Kata kunci: partisipatif, senjangan, budgetary control, komitmen

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-12-10
How to Cite
I PUTU SUDANA, Ni Made Citra Dewi,. PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF PADA SENJANGAN ANGGARAN DENGAN BUDGETARY CONTROLDAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 707-722, dec. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/7665>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles