PENGARUH EFEKTIVITAS STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KINERJA PERKREDITAN PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI KOTA DENPASAR

  • Putri Oceana Maharani

Abstract

ABSTRAK

Kinerja perkreditan merupakan penilaian kinerja secara bertahap terhadap efektivitas perkreditan dalam organisasi yang dinilai berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan pengaruh struktur pengendalian intern terhadap kinerja perkreditan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Penelitian ini dilakukan pada BPR di Kota Denpasar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 13 BPR dan menggunakan metode sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa struktur pengendalian intern pada BPR di Kota Denpasar telah diterapkan dengan baik dan berada pada kriteria efektif dengan angka 40,90%. Nilai ini dihitung dengan menggunakan skala likert dan yang diambil kesimpulan adalah hasil perhitungan yang paling besar dari kriteria yang dipakai.Struktur pengendalian intern secara simultan menunjukkan lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, aktivitas pengendalian, informasi & komunikasi, serta pemantauan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perkreditan, dengan Adjust R2=0,808 yang berarti kinerja perkreditan pada BPR dapat dijelaskan oleh variabel lingkungan pengendalian, penaksiram risiko, aktivitas pengendalian, informasi & komunikasi, serta pemantauan sebesar 80,8%. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa lingkungan pengendalian, informasi & komunikasi, serta pemantauan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perkreditan, sedangkan penaksiran risiko dan aktivitas pengendalian tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perkreditan.

Kata kunci: Efektivitas, Struktur Pengendalian Intern, Kinerja Perkreditan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-12-10
How to Cite
MAHARANI, Putri Oceana. PENGARUH EFEKTIVITAS STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KINERJA PERKREDITAN PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 666-675, dec. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/7662>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles