E-Filing, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

  • Ni Luh Putu Rika Yuniasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia
  • I Ketut Jati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia

Abstract

One of the effective methods and has great potential in increasing taxpayer compliance is tax reform. The purpose of this study was to determine the effect of the implementation of e-filing, the quality of tax services, and tax sanctions on the level of compliance of individual taxpayers. The population of this study is an individual taxpayer registered at the Tax Service Office (KPP) Pratama Denpasar Timur, amounting to 108,902 people. The sampling technique used is incidental sampling which takes 100 samples. Data was collected through the distribution of questionnaires. The analytical method used is Partial Least Square (PLS) Path Modeling with SmartPLS 3.0 analysis tool. The results of this study indicate that the higher the level of use in the application of e-filing, the higher the level of quality of tax services, and the more firm and fair in the application of tax sanctions, the higher the level of compliance of individual taxpayers.


Keywords : E-Filing; Service quality; Tax Sanctions; Individual Taxpayer Compliance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amran, A. (2018). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Tingkat Pendapatan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. ATESTASI : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), 1–15.

Arisandy, N. (2017). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 62–71.

Ayu, V., & Sari, P. (2017). Pengaruh Tax Amnesty , Pengetahuan Perpajakan , Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. 6.

Bahri, S., Diantimala, Y., & Majid, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Pada Kantor Pajak Kpp Pratama Kota Banda Aceh). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(2), 318–334.

Citra Dewi, R., Pratiwi, H., Rahmamuthi, A., Agus Petra, B., & Ramadhanu, A. (2019). Pengaruh Sistem E-Billing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 1(2), 13–17.

Dicriyani, N. L. G. M., & Ketut, B. I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Perpajakan Pada Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Niat Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10, 3329–3358.

Gwaro, Ondara Thomas, Kimani Maina, and Josphat Kwasira. 2016. "Influence of Online Tax Filing on Tax Compliance among Small and Medium Enterprises in Nakuru Town, Kenya." Journal of Business and Management.

Indriyani, N., & Askandar, N. S. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, biaya-biaya kepatuhan pajak dan penerapan e-filing pada kepatuhan wajib pajak (studi kasus di Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang). E-JRA Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang, 07(07), 1–13.

Kania, P., Wahyuni, A., Luh, N., Erni, G., & Arie, M. (2017). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak ( Kpp ) Pratama Singaraja. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 7(1).

Lado, Y. O., & Budiantara, M. (2018). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pegawai Negeri Sipil Dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY). Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 4(1), 59.

Lubis, H. Z., & Hidayat, M. A. (2019). Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Pelaporan Spt (Studi Empiris Pada Kpp Pratama Medan… Prosiding FRIMA (Festival Riset…, 65–72.

Novi Endaryanti, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Penerapan E-Filing Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Kpp Pratama Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1–15.

Nur, G. A. (2018). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Ekobis Dewantara, 15(40), 6–13.

Nurbiyansari, E., & Handayani, A. A. (2021). Pengaruh Self Assessment System, Keadilan Pajak, Ketepatan Pengalokasian, Teknologi dan Informasi Perpajakan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Mengenai Penggelapan Pajak (Tax Evasion) (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang di Kabupaten Sidoarjo. Liability, 03(1), 77–107.

Pasal 1 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Pasal 23A Undang-Undang 1945 Pasal 23A tentang pajak dan pungutan lain.

Pasal 37A Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Pranata, P. A., & Setiawan, P. E. (2015). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Dan Kewajiban Moral Pada Kepatuhan Wajib Pajak. 2, 456–473.

Prasetyo, A., & Idayati, F. (2019). Pengaruh E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pemahaman Internet Dan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi…. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2731

Rahyuda, I Ketut. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Denpasar: Udayana University Press
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Taing, H. B., & Chang, Y. (2021). Determinants of Tax Compliance Intention: Focus on the Theory of Planned Behavior. International Journal of Public Administration, 44(1), 62–73.

Tene, J. H., Sondakh, J. J., & Warongan, J. D. (2017). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Pajak, Sanksi Perpajakan dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Manado). Jurnal EMBA, 5(2), 443–453.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Wijayani, I. G. A. M. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya KepatuhanPajak, dan Penerapan E-Filling pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantr Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 101–124.
Published
2021-12-12
How to Cite
YUNIASIH, Ni Luh Putu Rika; JATI, I Ketut. E-Filing, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 31, n. 12, p. 2988-2999, dec. 2021. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/75915>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2021.v31.i12.p04.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>