PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN LEMBAGA PEKREDITAN DESA DI KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG

  • Komang Meitradi Setyawan
  • I Gusti Ayu Made Asri Dwija Putri

Abstract

ABSTRAK

Good corporate governance merupakan tata kelola perusahaan yang menjelaskan hubungan antara berbagai pihak dalam perusahaan yang menentukan antara arah dan kinerja perusahaan. Lembaga keuangan baik lembaga keuangan bank maupun non-bank seperti Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dapat menerapkannya untuk meningkatkan profitablilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan return on assets pada LPD di Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, yaitu metode survei dengan teknik kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 35 LPD. Penentuan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa good corporate governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan LPD di Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung.

Kata kunci: good corporate governance, kinerja keuangan, return on assets

Published
2013-12-10
How to Cite
SETYAWAN, Komang Meitradi; DWIJA PUTRI, I Gusti Ayu Made Asri. PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN LEMBAGA PEKREDITAN DESA DI KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 586-598, dec. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7423>. Date accessed: 19 nov. 2019.
Section
Articles