ANALISIS PENGARUH PENERIMAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENINGKATAN PAD SEKABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI

  • Md. Krisna Arta Anggar Kusuma
  • Ni Gst. Putu Wirawati

Abstract

ABSTRAK

Kontribusi pajak dan retribusi daerah sangat penting dalam mendukung peningkatan PAD. Dengan diberlakukannya otonomi daerah maka memberikan peluang bagi pemeritah untuk menggali hasil kekayaan daerah yang bersumber dari PAD. Karena jika PAD meningkat setiap tahunnya maka pembangunan di daerah akan terlaksana dengan baik serta untuk menunjang keperluan daerah. Oleh karena itu peneliti ingin menguji pengaruh pajak dan retribusi daerah secara parsial serta untuk mengetahui variabel yang lebih dominan dari kedua variabel yang mempengaruhi peningkatan PAD se-Kabupaten/Kota di Provinsi Bali.

Berdasarkan hasil olah data, dapat diketahui bahwa model regresi tidak ada penyimpangan pada uji asimsi klasik. Dari hasil uji t menjelaskan bahwa penerimaan pajak dan retribusi daerah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan PAD, sedangkan dilihat dari kontibusinya pajak daerah lebih dominan mempengaruhi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yakni sebesar 84,9%, sedangkan untuk kontribusi retribusi daerah hanya sebesar 16,6%.

Kata Kunci: pajak daerah, retribusi daerah, pendapatan asli daerah (PAD)

Published
2013-12-10
How to Cite
ANGGAR KUSUMA, Md. Krisna Arta; WIRAWATI, Ni Gst. Putu. ANALISIS PENGARUH PENERIMAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENINGKATAN PAD SEKABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 544-560, dec. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7422>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles