Profitabilitas, Kecukupan Modal, Leverage dan Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Islamic Social Reporting sebagai Variabel Moderating
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of profitability, capital adequacy, and leverage on firm value with Islamic Social Reporting (ISR) as a moderating variable. The population of this research data is BUS in Indonesia for the period 2014-2019. The sampling method is purposive sampling, which uses several criteria so that there are 11 BUS as the research sample. The data were processed using multiple linear regression with the help of Eviews 10. The results showed that ROA had a significant positive effect on firm value, while ROE had a significant negative effect on firm value. CAR and leverage have no significant effect on firm value. ISR is not able to moderate CAR and leverage to firm value, while ROA and ROE are able to moderate ISR to firm value.
Keywords: Profitability; ROA; ROE; CAR; Leverage; ISR.
Downloads
References
Ardimas, W. & W. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Go Public yang terdaftar di BEI. Research Methods and Organizational Studies, 231–238.
Asandimitra, N., & Ningrum, U. N. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan GCG dan CSR sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Peringkat Pertama ARA, ISRA dan Peringkat Emas Proper yang Listing di BEI Periode 2011-2015. Jurnal Ilmu Manajemen, 5.
Damayanti, A. R. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Maqashid Syariah Index terhadap Nilai Perusahaan Melalui Islamic Social Reporting sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank Umum Syariah Tahun 2012-2016). Skripsi Fakultas Ekonomi UIN Malang.
Ernawati, D., & Widyawati, D. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 4(4).
Farooq, M. A., & Masood, A. (2016). Impact of Financial Leverage on Value of Firms : Evidence from Cement Sector of Pakistan. Research Jurnal of Finance and Accounting, 7(9), 73–77.
Fitria, A., & Rochmah, S. A. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan : Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(3).
Fitriyah, N., Alamsyah, & Pusparini, H. (2016). Kinerja Keuangan dalam Kerangka Maqashid Syariah: Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan dengan Islamic Social Reporting sebagai Variabel Moderating (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia). Jurnal Riset Akuntansi Aksiona, 15(2), 72–95.
Ghozali, I. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika Eviews 10 (2nd ed.). UNDIP.
Halimah, S. N., & Komariah, E. (2017). Pengaruh roa, car, npl, ldr, bopo terhadap nilai perusahaan bank umum. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 5(1), 14–25.
Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada.
Hasibuan, V., AR, M. D., & NP, N. G. W. E. (2016). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis, 39(1), 139–147.
Husnan, S. (2001). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas (Edisi 4). BPFE.
Idroes, F. (2008). Manajemen Risiko Perbankan. PT Raja Grafindo Persada.
Kalbuana, N., Juniar, U., & Amrizal. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Muhammadiyah University Press.
Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers.
Mufidah, N., & Purnamasari, P. E. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 6(1), 64–82.
Najmudin. (2011). Manajemen Keuangan dan Akuntansi Syar’iyyah Modern. ANDI.
Rozzi, M. F., & Bahjatullah, Q. M. (2020). Analisis Determinan Pelaporan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2015-2019. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 4(2), 92–104.
Rudangga, I. N. G. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7), 4394–4422.
Safitri, Y., Abrar, & Santoso, E. B. (2018). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Accounting, 4(4).
Suffah, R., & Ridwan, A. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(3).
Sulistiyo, F., & Yuliana, I. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Kecukupan Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Islamic Social Report ( ISR ) sebagai Variabel Moderasi ( Studi pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2014-2018 ). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 238–255.
Susanti, R. (2019). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periose 2014-2018). SKRIPSI Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Salatiga.
Susilaningrum. (2019). Indonesian Journal of Islamic Economics Research. 1(2), 58–66.
Watts, RL. & Zimmerman, J. (1986). Positive Accounting Theory. Prentice-Hall.
Wiksuana, I., & Wulandari, N. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.