PENGARUH REFORMASI ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK (PKP)

  • I G A Raka Heriyanthi

Abstract

ABSTRAK

Cost of equity capital merupakan salah satu tolak ukur dalam menilai suatu investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengungkapan sukarela dan manajemen laba terhadap cost of equity capital dengan asimetri informasi sebagai intervening. Metode statistik yang digunakan adalah analisis jalur, dengan mengambil sampel dari perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2012 yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan sukarela tidak berpengaruh signifikan pada asimetri informasi dan cost of equity capital. Manajemen laba berpengaruh negatif dan signifikan pada asimetri informasi. Manajemen laba dan asimetri informasi berpengaruh negatif dan signifikan pada cost of equity capital. Pengungkapan sukarela melalui asimetri informasi tidak berpengaruh signifikan pada cost of equity capital. Manajemen laba melalui asimetri informasi berpengaruh positif dan signifikan pada cost of equity capital.

Kata kunci: pengungkapan sukarela, manajemen laba, asimetri informasi, cec

Published
2013-11-11
How to Cite
HERIYANTHI, I G A Raka. PENGARUH REFORMASI ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK (PKP). E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 398-416, nov. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7064>. Date accessed: 20 july 2019.
Section
Articles