PENGARUH REFORMASI ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK (PKP)

  • I Gusti Agung Bagus Punarbhawa
  • Ni Ketut Lely Aryani M

Abstract

ABSTRAK

Penerimaan pajak menjadi sangat penting dalam pembangunan negara sehingga pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan penerimaan pajak. Langkah konkrit yang dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan melakukan reformasi administrasi perpajakan. Pengetahuan tentang perpajakan penting untuk meningkatkan perilaku patuh Pengusaha Kena Pajak (PKP), karena bagaimana mungkin PKP disuruh patuh apabila mereka tidak mengetahui dan memahami bagaimana peraturan perpajakan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh reformasi administrasi perpajakan dan pengetahuan perpajakan terhadap tingkat kepatuhan PKP. KPP Pratama Denpasar Barat digunakan sebagai tempat penelitian dengan menjadikan PKP sebagai sampel penelitian. Sampel yang digunakan adalah 95 wajib pajak dengan teknik insidental/insidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda. Hasil dari analisis yang telah dilakukan yaitu reformasi administrasi perpajakan dan pengetahuan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan PKP di KPP Pratama Denpasar Barat.

Kata Kunci: reformasi administrasi perpajakan, pengetahuan perpajakan, kepatuhan

Published
2013-11-11
How to Cite
PUNARBHAWA, I Gusti Agung Bagus; ARYANI M, Ni Ketut Lely. PENGARUH REFORMASI ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK (PKP). E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 381-397, nov. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7063>. Date accessed: 21 july 2019.
Section
Articles