PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE

  • Gusti Ayu Putu Wiwik Sriayu
  • Ni Putu Sri Harta Mimba

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, company size, foreign ownership, public ownership, size of board of commissioners dan profitability terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2012. Penelitian ini menggunakan laporan tahunan sebagai data dengan sampel perusahaan adalah 42 data observasi. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan metode nonprobability yang berupa purposive sampling. Laporan tahunan yang digunakan diperoleh dari situs www.idx.co.id. Pengolahan data dilakukan dengan teknik regresi linier berganda dan telah memenuhi syarat uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel company size, foreign ownership, dan public ownership berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel leverage, size of board of commissioners dan profitability tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Nilai Adjusted R2 sebesar 49,2% mengindikasikan bahwa sebesar 49,2% pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini, sedangkan sisanya sebesar 50,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak digunakan sebagai variabel independen di dalam penelitian ini.

Kata kunci: karakteristik perusahaan, corporate social responsibility disclosure

Published
2013-11-11
How to Cite
SRIAYU, Gusti Ayu Putu Wiwik; MIMBA, Ni Putu Sri Harta. PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 326-344, nov. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7052>. Date accessed: 17 sep. 2019.
Section
Articles