TINGKAT LIKUIDITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN PENGUNGKAPAN SUKARELA PADA MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Made Satriajaya Krishna

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui pengaruh tingkat likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, dan reputasi kantor akuntan publik secara parsial atau positif terhadap pengungkapan sukarela pada sektor industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Lokasi penelitian ini adalah indeks pengungkapan sukarela perusahaan yang terdaftar pada PT. Bursa Efek Indonesia yang dilakukan dengan cara mengakses internet melalui situs resmi PT. Bursa efek Indonesia (www.idx.co.id) maupun membaca dan mencatat apa yang ada pada Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Metode pemilihan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kumpulan perusahaan yang secara berturut-turut terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008 sampai 2011, yang mempublikasikan laporan keuangan dan Perusahaan yang laporan keuangannya dari periode 2008-2011 tidak mengalami perubahan di dalam Klasifikasi KAP yang seluruhnya terdiri dari 45 Perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda degan menggunakan program SPSS.

Berdasarkan hasil uji statistik yang digunakan, menunjukkan bahwa tingkat likuiditas, leveage, ukuran perusahaan, dan reputasi kantor akuntan pubik berpengaruh secara positif signifikan terhadap pengungkapan sukarela pada sektor industri manufaktur yang terdaftar di PT. Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008 hingga 2011.

Kata Kunci: Tingkat Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Pengungkapan Sukarela, Sektor Industri Manufaktur

Published
2013-10-10
How to Cite
KRISHNA, Made Satriajaya. TINGKAT LIKUIDITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN PENGUNGKAPAN SUKARELA PADA MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 162-178, oct. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/6948>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles