PENGARUH PROFESIONALISME, PENGETAHUAN MENDETEKSI KEKELIRUAN, PENGALAMAN, ETIKA PROFESI PADA PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS

  • Ni Made Ayu Lestari, I Made Karya Utama

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui apakah ada pengaruh profesionalisme, pengetahuan mendeteksi kekeliruan, pengalaman, dan etika profesi terhadap pertimbangan tingkat materialitas. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Akuntan Publik. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 42 orang auditor dari 7 KAP di Bali, teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi  berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan Secara parsial profesionalisme, pengetahuan mendeteksi kekeliruan auditor berpengaruh secara signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas. Sedangkan pengalaman auditor dan etika profesi secara parsial tidak berpengaruh terhadap pertimbangan tingkat materialitas.

Kata kunci: profesionalisme, mendeteksi kekeliruan, pengalaman, etika, dan  materialitas

Published
2013-10-10
How to Cite
I MADE KARYA UTAMA, Ni Made Ayu Lestari,. PENGARUH PROFESIONALISME, PENGETAHUAN MENDETEKSI KEKELIRUAN, PENGALAMAN, ETIKA PROFESI PADA PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 112-129, oct. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/6945>. Date accessed: 20 july 2019.
Section
Articles