ANALISIS FAKTOR KINERJA YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA

  • I Kadek Sutika, I Ketut Sujana

Abstract

ABSTRAK

Profitabilitas pada LPD merupakan kemampuan LPD dalam menghasilkan laba dari aktifitas operasionalnya.Agar LPD memperoleh profitabilitas tinggi, maka suatu LPD perlu memperhatikan factor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas.Penelitian ini dilakukan di LPD Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar.Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 sampel LPD, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda.Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa tingkat perputaran kas, penyaluran kredit dan efektivitas pengelolaan hutang berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan tingkat kecukupan modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas LPD.Sementara tingkat pertumbuhan jumlah nasabah tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas LPD.Hal ini menunjukkan bahwa meningkat ataupun menurunnya tingkat pertumbuhan jumlah nasabah, tidak mempengaruhi tingkat profitabilitas suatu LPD. Dan apabila semakin tinggi tingkat perputaran kas, penyaluran kredit dan efektivitas pengelolaan hutang, akan semakin tinggi pula tingkat profitabilitas LPD. Namun semakin tinggi tingkat kecukupan modal, maka profitabilitas LPD akan semakin menurun.

Kata kunci: tingkat perputaran kas, penyaluran kredit, efektivitas pengelolaan hutang, kecukupan modal, pertumbuhan jumlah nasabah, profitabilitas

Published
2013-10-10
How to Cite
I KETUT SUJANA, I Kadek Sutika,. ANALISIS FAKTOR KINERJA YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 53-67, oct. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/6942>. Date accessed: 19 nov. 2019.
Section
Articles