PENGARUH PERUBAHAN TARIF PAJAK PENGHASILAN BADAN TAHUN 2010 PADA MANAJEMEN LABA

  • Kadek Trisna Dwiyanti, 1 Made Sukartha

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perusahaan melakukan manajemen laba untuk menurunkan jumlah laba yang dilaporkan sebelum perubahan tarif  Pajak  Penghasilan Badan Tahun 2010 . Manajemen laba  melalui aktivitas riil dideteksi melalui arus kas kegiatan operasi abnormal dan biaya produksi abnormal. Sampel penelitian ini adalah 79 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang mempublikasikan laporan keuangan tahun 2009. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui nilai arus kas kegiatan operasi normal dan biaya produksi normal. Selanjutnya, menentukan arus kas kegiatan operasi abnormal dan biaya produksi abnormal.  Uji statistik deskriptif digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan. independent sample t-test digunakan untuk menguji hipotesis kedua. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perusahaan tidak terbukti melakukan manajemen laba melalui aktivitas riil. Penelitian juga menunjukkan bahwa perusahaan  berukuran besar tidak terbukti lebih agresif dari perusahaan yang berukuran kecil dalam melakukan manajemen laba dengan menurunkan jumlah laba yang dilaporkan sebelum perubahan tarif  Pajak Penghasilan Badan Tahun 2010.

Kata kunci: manajemen laba, aktivitas riil, tarif pajak penghasilan, arus kas kegiatan operasi abnormal, biaya produksi abnormal

Published
2013-10-10
How to Cite
1 MADE SUKARTHA, Kadek Trisna Dwiyanti,. PENGARUH PERUBAHAN TARIF PAJAK PENGHASILAN BADAN TAHUN 2010 PADA MANAJEMEN LABA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 33-52, oct. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/6940>. Date accessed: 21 nov. 2019.
Section
Articles