PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Tjokorda Istri Mas Amertadewi, A.A.N.B. Dwirandra

Abstract

ABSTRAK

Partisipasi anggaran diduga tidak serta merta meningkatkan kinerja manajerial karena adanya faktor kontingensi seperti gaya kepemimpinan dan locus of control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, gaya kepemimpinan dan locus of control terhadap kinerja manajerial. Penelitian dilakukan di PT Bank Pembangunan Daerah Bali menggunakan data bersumber dari data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui kuesioner dan studi dokumentasi.Kuesioner  dibagikan sebanyak 59 kuesioner namun yang dapat diolah 51 kuesioner. Data diuji telah memenuhi syarat uji validitas , reliabilitas, asumsi klasik serta uji kesesuaian model. Teknik analisis menggunakan Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, partisipasi anggaran dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial sedangkan locus of control berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja manajerial. Hasil analisis moderasi gaya kepemimpinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap partisipasi anggaran pada kinerja manajerial dan locus of control berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap partisipasi anggaran pada kinerja manajerial.

Kata Kunci: Partisipasi Anggaran, Kinerja Manajerial, Gaya Kepemimpinan, Locus of Control

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-10
How to Cite
A.A.N.B. DWIRANDRA, Tjokorda Istri Mas Amertadewi,. PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 550-566, sep. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/6378>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles