PENGARUH KOMPONEN PENGENDALIAN INTERNAL KREDIT PADA KREDIT BERMASALAH BPR DI KABUPATEN BULELENG

  • I Dewa Putu Gde Sumerta Yasa, I Ketut Jati

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis-jenis, prosedur umum, struktur pengendalian internal dan kolektibilitas kredit pada kredit bermasalah BPR di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini dilakukan di BPR Kabupaten Buleleng dengan jumlah sampel sebanyak 7 BPR, menggunakan metode sampling jenuh dan jumlah responden sebanyak 37 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian mengemukakan bahwa struktur pengendalian internal kredit berpengaruh negatif dan signifikan pada kredit bermasalah BPR di Kabupaten Buleleng, sedangkan untuk jenis-jenis, prosedur umum pengendalian internal dan kolektibilitas kredit tidak berpengaruh signifikan.

Kata kunci: jenis-jenis pengendalian internal, prosedur umum, struktur pengendalian internal, kolektibilitas, kredit bermasalah

Published
2013-08-10
How to Cite
I KETUT JATI, I Dewa Putu Gde Sumerta Yasa,. PENGARUH KOMPONEN PENGENDALIAN INTERNAL KREDIT PADA KREDIT BERMASALAH BPR DI KABUPATEN BULELENG. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 315-331, aug. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/6146>. Date accessed: 19 sep. 2019.
Section
Articles