PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, PENGGUNA AKTUAL DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAERAH DI KOTA DENPASAR

  • Sang Ayu Nyoman Trisna Dewi, AANB Dwirandra

Abstract

ABSTRAK

Hasil riset tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan sistem informasi keuangan daerah dari studi terdahulu menunjukkan hasil yang bervariasi. Ketidakseragaman hasil tersebut memotivasi perlu dilakukan studi replikasian. Tujuan riset ini adalah mengonfirmasi pengaruh variabel dukungan manajemen puncak, kualitas sistem, kualitas informasi, pengguna aktual dan kepuasan pengguna pada implementasi sistem informasi keuangan daerah. Penelitian yang dilakukan di 9 (sembilan) SKPD di Kota Denpasar menggunakan data data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari data primer maupun sekunder, dikumpulkan dengan teknik purposive sampling. Data telah memenuhi uji asumsi klasik, model fit, dan dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dukungan manajemen puncak, kualitas informasi dan kepuasan pengguna berpengaruh pada implementasi sistem informasi keuangan daerah. Kualitas sistem dan pengguna aktual secara signifikan tidak berpengaruh pada implementasi sistem informasi keuangan daerah. Untuk itu, diharapkan adanya pelatihan, pendampingan bagi pengguna, serta penyempurnaan sistem yang ada.

Kata kunci: dukungan manajemen puncak, kualitas sistem, kualitas informasi, pengguna aktual, kepuasan pengguna, implementasi sistem informasi keuangan daerah

 

Published
2013-07-10
How to Cite
AANB DWIRANDRA, Sang Ayu Nyoman Trisna Dewi,. PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, PENGGUNA AKTUAL DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAERAH DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 196-214, july 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/5926>. Date accessed: 19 nov. 2019.
Section
Articles