PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA)

  • A.A. Alit Candrayanthi
  • I D.G. Dharma Saputra

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja perusahaan (studi empiris pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2011). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana dengan tiga kali pengujian dikarenakan kinerja perusahaan di wakili oleh tiga rasio profitabilitas yaitu ROA, ROE dan NPM. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 34 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan menganalisis data berupa laporan tahunan. Untuk membuktikan hipotesis maka dilakukan pengujian regresi linier sederhana yang diawali uji asumsi klasik. Model penelitian dinyatakan lulus uji asumsi klasik. Pengujian secara parsial menunjukan bahwa variabel Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap Return On Asset, Return On Equity dan berpengaruh negatif terhadap Net profit Margin.

Kata kunci: corporate social responsibility, return on asset, return on equity dan net profit margin

 

 

Published
2013-07-10
How to Cite
CANDRAYANTHI, A.A. Alit; SAPUTRA, I D.G. Dharma. PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA). E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 141-158, july 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/5899>. Date accessed: 21 nov. 2019.
Section
Articles