PENGARUH SIZE, RETURN ON ASSETS DAN FINANCIAL LEVERAGE PADA TINGKAT UNDERPRICING PENAWARAN SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Made Agus Mahendra Putra
  • I G.A. Eka Damayanthi

Abstract

ABSTRAK

Underpricing adalah suatu fenomena dimana harga saham lebih rendah pada saat perusahaan melakukan penawaran perdananya di pasar primer. Pada saat penawaran saham pertama kalinya ini, harga ditentukan oleh emiten (perusahan) dan Underwriter (penjamin emisi). Sedangkan di pasar sekunder harga ditentukan oleh hasil mekanisme penawaran dan permintaan. Perusahaan yang melakukan penawaran perdana menghindari terjadinya underpricing, karena perusahaan tidak mendapatkan dana yang maksimal dari penjualan saham perdananya. Berdasarkan pernyataan tersebut peneliti  bertujuan meneliti pengaruh ukuran perusahaan, return on asset (ROA), dan financial leverage terhadap tingkat underpricing pada perusahaan yang menggunakan kebijakan IPO di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2011. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel dengan kreteria tertentu memperoleh 40 perusahaan.

Kata kunci: underpricing, ukuran perusahaan, return on asset (ROA) dan financial leverage

Published
2013-07-10
How to Cite
PUTRA, Made Agus Mahendra; DAMAYANTHI, I G.A. Eka. PENGARUH SIZE, RETURN ON ASSETS DAN FINANCIAL LEVERAGE PADA TINGKAT UNDERPRICING PENAWARAN SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 128-140, july 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/5898>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles