EVALUASI KINERJA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA DENPASAR DALAM PEMUNGUTAN PAJAK HOTEL, RESTORAN, DAN HIBURAN TAHUN 2008-2012

  • Devi Yustri Yeni
  • 1 Putu Ery Setiawan

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan Dinas Pendapatan Daerah Kota Denpasar ditinjau dari perspektif ekonomi, efisiensi, dan efektivitas untuk penerimaan pajak hotel, restoran, dan hiburan dengan menggunakan konsep Value for Money.

Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan teknik analisis data kuantitatif berdasarkan perhitungan rasio ekonomi, efisiensi, dan efektivitas. Hasil analisis berdasarkan kriteria penilaian yang mengacu pada Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 690.900-327 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Keuangan, menunjukkan kinerja Dinas Pendapatan Daerah Kota Denpasar berdasarkan konsep Value for Money atas penerimaan pajak hotel, restoran, dan hiburan Tahun 2008-2012 rata-ratanya dapat dikategorikan ekonomis, sangat efisien, dan sangat efektif. Upaya-upaya yang dilakukan Dinas Pendapatan Daerah Kota Denpasar sehingga mengalami peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara signifikan dari tahun ke tahun adalah dengan mengeluarkan beberapa kebijakan di bidang pajak daerah dan retribusi daerah.

Kata kunci: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Value for Money, Ekonomis, Efisiensi, dan Efektifitas

Published
2013-07-10
How to Cite
YENI, Devi Yustri; SETIAWAN, 1 Putu Ery. EVALUASI KINERJA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA DENPASAR DALAM PEMUNGUTAN PAJAK HOTEL, RESTORAN, DAN HIBURAN TAHUN 2008-2012. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 74-91, july 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/5895>. Date accessed: 21 july 2019.
Section
Articles