PENGARUH DEBT TO TOTAL ASSETS, DIVIDEN PAYOUT RATIO DAN UKURAN PERUSAHAAN PADA KONSERVATISME AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

  • Desak Gede Utami Aristiyani, I Gusti Putu Wirawati

Abstract

ABSTRAK

Laporan keuangan merupakan salah satu media utama yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan informasi keuangan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan. Standar Akuntansi Keuangan masih memberikan peluang untuk memilih akuntansi konservatif dalam penyusunan laporan keuangan, maka dalam usaha untukĀ  menyempurnaan laporan keuangan tersebut lahirlah prinsip konservatisme akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untukĀ  mengetahui pengaruh debt to total assets, dividen payout ratio dan ukuran perusahaan terhadap konservatisme akuntansi. Penelitian ini dilakukan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2009-2011. Metoda penentuan sampel menggunakan metoda purposive sampling sehingga sampel yang digunakan 86 perusahaan manufaktur. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel debt to total assets dan ukuran perusahaan berpengaruh pada konservatisme akuntansi sedangkan variabel dividen payout ratio tidak berpengaruh pada konservatisme akuntansi.

Kata kunci: konservatisme akuntansi, debt to total assets, dividen payout ratio dan ukuran perusahaan

Published
2013-06-05
How to Cite
I GUSTI PUTU WIRAWATI, Desak Gede Utami Aristiyani,. PENGARUH DEBT TO TOTAL ASSETS, DIVIDEN PAYOUT RATIO DAN UKURAN PERUSAHAAN PADA KONSERVATISME AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 216-230, june 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/5727>. Date accessed: 21 july 2019.
Section
Articles