Pengaruh PPN, PKB Tarif Progresif, dan Pendapatan WP pada Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor

  • I G. A. Bella Lestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia
  • Made Yenni Latrini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia

Abstract

Consumer purchasing power can be influenced by several factors, especially when purchasing motor vehicles is the existence of VAT and Progressive PKB rates that are imposed when buying a motorized vehicle. This study aims to review the imposition of VAT, PKB Progressive Rates, and WP income on consumer purchasing power for the purchase of motor vehicles. The research took place in the SAMSAT office with the city of Denpasar. This study amounted to 100 respondents. Multiple linear regression is an analysis technique used in this study. Referring to the results of the analysis found that the effect of value added tax and income WP has a significant influence on purchasing power. Whereas progressive tariff PKB does not influence consumer purchasing power. This research confirms the theory of the principle of purchasing power and the theory of prestige.


Keywords: VAT; Motor Vehicle Tax with Progressive Rates; Taxpayer Income; Purchasing Power.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman Raja. (2014). Analisis serta Pengaruh pada pertumbuhan Pajak dalam Pertambahan sebuah Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPNBM) terhadap Daya Beli Konsumen pada Kendaraan Bermotor (Studi Empiris pada Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat diwilayah Kota Tanjungpinang). E-Jurnal Umrah.

Adiputri, G. S., & Jati, I. K. (2018). Pengaruh PKB pada Tarif pajak Progresif dan Pendapatan dari WP Kepada Daya Beli dari seorang Konsumen terkait dengan Kendaraan Bermotor pada Roda Empat. E-JurnalAkuntansi, 24, 1632. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p30

Alavuotunki, K., Haapanen, M., & Pirttilä, J. (2019). The Effects of the Value-Added Tax onRevenue andInequality. Journal ofDevelopment Studies, 55(4), 490–508. https://doi.org/10.1080/00220388.2017.1400015

Alizadeh, M., & Motallabi, M. (2016). Study the Efect of Value Aded Tax on the Size of Current Government and Construction Government. Procedia Economics and Finance, 36(16), 336–344. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)30045-4

Ayuningtyas, D. (2010). Analisis serta Pengaruh dalam Pengenaan pada Pajak untuk Pertambahan Nilai (PPN) Dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (Ppnbm) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Barang Elektronika (Studi Empiris Pada Konsumen Barang Elektronika Di Wilayah Tangerang Selatan). E-Journal UIN Jakarta, 11 (2).

Bikas, E. (2013). Factorss Affectting Vallue Added Tax Revennue. 24–26.

Chaerannisah. (2014). Analisis dariFaktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan pada sebuah Mobil yang ada di KotaMakassar. JurnalFakultas Ekonomi DanBisnis UniversitasHasanuddin.

David, P. (2012). Principlles of taxattion of road motor vehiclles and their possibillities of application. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 60(2), 483–492. https://doi.org/10.1118/acttaun 2012

Devi, S. A. P. P., & Supadmi, N. L. (2017). Pengaruh dari pada PPN, PPnBM, serta PKB pada Tarif pajak Progresif pada Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat. E-Jurnal Akuntansi, 18(2017), 674–704.

Eragbhe, E., & Aronmwan, E. J. (2015). Taxpayers Income, Tax Payers Attributes And Personal Income Tax Compliance. African Journal of Management Sciences, (May), 95–111.

Fadilah. (2012). Analisis dan Pengaruh dari pada Pengenaan Pajak terhadap Pertambahan Nilai (PPN) serta Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) kepada Daya Beli dari seorang Konsumen yang ada Pada Barang Elektronika (StudiEmpiris pada Konsumen BarangElektronika di Glodok Jakarta Kota). E-Journal UIN Jakarta, 1 (2).

Hetriana, T. (2015). Perilaku dari Konsumsi pada sebuah Sepeda Motor yang ada dalam sebuah Perspektif di bidang Ekonomi Islam ( pada Studi Kasus yang berada di Daerah Tanjung tepatnya Enim ). JurnalUIN RadenFatah Palembang.

Komal. (2013). An Analyssis of the Impacct of Value Aded Tax (VAT) in Delhi. GlobalJournal of Management andBusiness Studies, 3(3), 2248–9878. Retrieved fromhttp://www.ripublication.com/gjmbs.htm

Lee, S. H. (2005). An Application of a Five-Stage Consumer Behaviour Decision Making Model : An Exploratory Study of Chinese Purchasing of Imported Health Food. Journal Economic Resources.

Lulus, R., & Surjanti, P. N. S. (2018). MotorVehicle Tax ComplianceLevels : an EmpiricalStudy and the DeterminingFactors. JournalUsm, 2(2), 21–31.

Pitaloka, L. K., Kardoyo, & Rusdarti. (2018). TheSocialization of Tax as a ModerationVariable Towards theTaxpayer Compliance ofIndustrial Performer inKudus Regency. Journalof Economic Education, 7(1), 45–51. https://doi.org/10.15294/jeec.v7i1.24059

Raharjo, T. P., & Bieattant, L. (2018). Inffluence Of Taxpyer Formal Knowledge And Tax Awarenes Against Complliance Of Tax ( Car Taxpayerr Case Study In Samsat Polda Bandung ). Jurnal IlmiahAkuntansi UniversitasPamulang, 6 (2), 233–241.

Rahayu, S. K. (2010). PerpajakanIndonesia: Konsepdan Aspek Formal. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Ratnasari, I. A. P., & Setiawan, P. E. (2016). PengaruhPajak Pertambahan Nilai dan PajakKendaraan Bermotor TarifProgresif Terhadap DayaBeli Kendaraandi Denpasar. E-JurnalAkuntansi, 15, 887–914.

Ridwan, M. (2012). PengaruhFaktor SosioEkonomi Kepada KepemilikanMobil dan SepedaMotor di KotaLangsa. JurnalTeknik Sipil UniversitasSyiah Kuala.

Soemitro, R. (2016). Perpajakan pada Teori serta Teknis terhadap Pemungutan. Bandung: Graha Ilmu.

Statistik, B. P. (2019). Provinsi BALI DALAMANGKA Bali Provinc In Figures 2019. Bali: BPSProvinsi Bali.

Sugiyono. (2019). Metode dalam Penelitian khusus pada Bisnis Pendekatan serta Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Supawi, P. (2016). LingkunganEkonomi Bisnis. Jakarta: Cahya Gemlang.

Tareke, S., Hagos, Y., Kassa, A., & Temesgen, G. (2013). Probllems and Prospeccts of ValueAded Tax (VAT) Implementattion in Tigrai Regionall State. Research Journali’sJournal ofAccounting, 1(1), 1–16.

Utami, K. Y. (2015). Pengaruh Pengenaan sebuah Pajak yang terdapat pada Pertambahan pada Nilai (PPN)dan PajakPenjualan Atas arang Mewah (PPnBM) Kepada Daya Beli dari seorang Konsumen AlatFotografi (StudiEmpiris pada Perhimpunan Amatir Foto di Kota Bandung). Journal Maranatha, 9 (2).
Published
2020-08-25
How to Cite
BELLA LESTARI, I G. A.; YENNI LATRINI, Made. Pengaruh PPN, PKB Tarif Progresif, dan Pendapatan WP pada Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 30, n. 8, p. 2127 - 2137, aug. 2020. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/56898>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2020.v30.i08.p18.
Section
Artikel