PENGARUH TEKANAN ANGGARAN WAKTU, KOMPLEKSITAS TUGAS DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP FEE AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DI BALI

  • Maria V. Jemada P D’yan Yaniartha S.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Pengaruh Tekanan Anggaran Waktu, Kompleksitas Tugas dan Reputasi Auditor terhadap Fee Audit (Penelitian ini dilakukan pada Kantor Akuntan Publik yang berdomisili di Bali). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tekanan anggaran waktu, kompleksitas tugas dan reputasi auditor terhadap fee audit. Besarnya fee audit yang ditetapkan oleh kantor akuntan publik merupakan salah satu obyek yang menarik untuk diteliti. Hal ini disebabkan kebijakan penentuan fee audit oleh kantor akuntan publik menjadi salah satu aspek dalam hal dilakukannya review mutu terhadap kantor akuntan publik tersebut. Besar kecilnya fee audit dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain tekanan anggaran waktu, kompleksitas tugas, dan reputasi auditor. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan responden auditor. Responden dalam penelitian ini adalah auditor pada KAP di Bali yang telah terdaftar dalam Direktori Ikatan Akuntan Publik Indonesia. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 71 orang dengan pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan sampel terkumpul sebanyak 65 orang. Metode analisis data dengan menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan anggaran waktu, kompleksitas tugas dan reputasi auditor berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap fee audit.

Kata Kunci : fee audit, kompleksitas tugas, tekanan anggaran waktu, reputasi auditor

Published
2013-06-05
How to Cite
D’YAN YANIARTHA S., Maria V. Jemada P. PENGARUH TEKANAN ANGGARAN WAKTU, KOMPLEKSITAS TUGAS DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP FEE AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DI BALI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 132-146, june 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/5664>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles