PENGARUH INFORMASI LABA AKUNTANSI DAN INFORMASI CORPORATE SOCIAL AND RESPONSIBILITY PADA RETURN SAHAM (Studi Pada Perusahaan Pertambangan di BEI)

  • Kurnia Adi Saputra Ida Bagus Putra Asti

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengangkat tema pengaruh informasi laba akuntansi dan CSR pada return saham. Pokok permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ”Bagaimana pengaruh Informasi Laba Akuntansi dan Informasi CSR pada Return Saham perusahaan pertambangan di BEI?”Metode penentuan sampel mengunakan metode purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 14 perusahaan pertambangan dalam 4 tahun pengamatan yakni 2008-2011, sehingga diperoleh 56 pengamatan. Hipotesis diuji dengan menggunakan regresi. Syarat penggunaan regresi telah lolos dari uji dianostik dan uji kelayakan model yang menghasilkan model regresi layak digunakan. Uji hipotesis menghasilkan bahwa variabel informasi laba akuntansi dan informasi CSR berpengaruh secara simultan pada return saham perusahaan pertambangan. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel laba akuntansi berpengaruh positif pada return saham. Variabel CSR berpengaruh positif pada return saham. Ini menyatakan bahwa kedua hipotesis diterima.

Kata kunci: Laba Akuntansi, CSR, Return Saham

Published
2013-06-05
How to Cite
IDA BAGUS PUTRA ASTI, Kurnia Adi Saputra. PENGARUH INFORMASI LABA AKUNTANSI DAN INFORMASI CORPORATE SOCIAL AND RESPONSIBILITY PADA RETURN SAHAM (Studi Pada Perusahaan Pertambangan di BEI). E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 101-106, june 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/5662>. Date accessed: 21 july 2019.
Section
Articles