PENILAIAN KINERJA PT. BPR LUHUR DAMAI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

  • I Gusti Agung Dhenina Sari 1 I Wayan Rama

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang penilaian kinerja PT. BPR Luhur Damai dengan menggunakan 4  perspektif Balanced Scored Card. Penilaian aspek keuangan dilakukan selama periode tahun 2008–2012, sedangkan aspek non keuangan didasarkan pada penilaian karyawan sebanyak 73 orang terhadap kepuasan karyawan dan penilaian pelanggan sebanyak 100 orang terhadap kepuasan  nasabah. Hasil analisis berdasarkan empat perspektif memiliki keragaman. Perspektif keuangan menunjukkan bahwa Non Performing loan diinterpretasikan berada dalam kondisi baik, Loan to Deposit Ratio diinterpretasikan berada dalam kondisi tidak baik, Profit Margin cenderung meningkat, Return on Asset dalam kondisi sangat baik, Beban Operasional berada dalam kondisi baik. Perspektif pelanggan menunjukkan rasio pertumbuhan pelanggan sepanjang tahun 2008–2012 stabil dan tingkat kepuasan pelanggan menunjukkan nilai yang sangat puas. Perspektif bisnis internal menunjukkan bahwa perspektif proses bisnis internal dari tahun 2008-2012 adalah efisien. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan retensi karyawan sepanjang tahun 2008–2012 relatif menurun dan tingkat kepuasan karyawan menunjukkan nilai yang sangat puas.

Kata kunci: Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal Perspektif Pembalajaran dan Pertumbuhan, Kinerja

Published
2013-06-05
How to Cite
1 I WAYAN RAMA, I Gusti Agung Dhenina Sari. PENILAIAN KINERJA PT. BPR LUHUR DAMAI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 83-100, june 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/5661>. Date accessed: 19 nov. 2019.
Section
Articles