PENGARUH INDIKATOR GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS PADA PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

  • Amalia Ramdhaningsih I Made Karya Utama

Abstract

ABSTRAK

GCG dan CSR merupakan dua fenomena yang saling berhubungan. Perusahaan harus meningkatkan kepatuhan perusahaan dengan hukum dan mengembangkan kebijakannya dalam rangka pelaksanaan aktivitas CSR. Perusahaan diharapkan menjalankan bisnisnya dengan baik untuk memaksimalkan profit. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh indikator GCG dan profitabilitas pada pengungkapan CSR. Lokasi penelitian dikhususkan pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011 dengan 30 sampel penelitian yang diperoleh menggunakan metode purposive sampling. Terkait dengan indikator GCG tersebut, proksi yang digunakan antara lain: ukuran dewan komisaris, komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional. Sedangkan rasio profitabilitas menggunakan rasio return on equity (ROE). Analisis regresi linear berganda digunakan sebagai teknik dalam penelitian ini. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa ukuran dewan komisaris dan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan pada pengungkapan CSR, sementara kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan profitabilitas berpengaruh signifikan pada pengungkapan CSR.

Kata kunci: GCG (Good Corporate Governance), Profitabilitas, CSR (Corporate Social Responsibility)

Published
2013-06-05
How to Cite
I MADE KARYA UTAMA, Amalia Ramdhaningsih. PENGARUH INDIKATOR GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS PADA PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 65-82, june 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/5660>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles