PENGARUH TINGKAT KEPATUHAN KOMPONEN PENGENDALIAN INTERN PADA EFEKTIVITAS USAHA KOPERASI SIMPAN PINJAM

  • I Dewa Made Oka Widiatmika

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kepatuhan komponen pengendalian intern pada efektivitas usaha koperasi simpan pinjam di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengggunakan metode survey dengan teknik kuesioner dan data sekunder berupa data-data dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar. Sampel yang digunakan sebanyak 21 Koperasi Simpan Pinjam yang tersebar di Kabupaten Gianyar. Pengambilan sampel menggunakan metoda non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis menyatakan bahwa komponen pengendalian intern yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian resiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian, dan pemantauan berpengaruh positif pada efektivitas usaha KSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin meningkat lingkungan pengendalian, penilaian resiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian, dan pemantauan di KSP, maka efektivitas usaha Koperasi Simpan Pinjam semakin meningkat pula.

Kata Kunci : lingkungan pengendalian, penilaian resiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian, pemantauan, dan efektivitas usaha.

Published
2013-03-11
How to Cite
WIDIATMIKA, I Dewa Made Oka. PENGARUH TINGKAT KEPATUHAN KOMPONEN PENGENDALIAN INTERN PADA EFEKTIVITAS USAHA KOPERASI SIMPAN PINJAM. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 559-578, mar. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/4969>. Date accessed: 21 nov. 2019.
Section
Articles