PENGARUH INDEPENDENSI, PROFESIONALISME, TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA PADA KINERJA AUDITOR BPK RI PERWAKILAN PROVINSI BALI

  • I Gede Widya Saputra Gerianta Wirawan Yasa

Abstract

ABSTRAK

Kemampuan seorang auditor untuk menghasilkan temuan atau hasil pemeriksaan yang dilakukannya merupakan kinerja seorang auditor. Agar auditor memiliki kinerja yang tinggi, suatu organisasi perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja auditor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh independensi, profesionalisme, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja pada kinerja auditor. Penelitian ini dilakukan di BPK RI Perwakilan Provinsi Bali. Metode purposive sampling digunakan sebagai teknik dalam pengambilan sampling, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 41 orang. Hasil dari penelitian ini mendapatkan bahwa independensi, profesionalisme, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor. Konsekuensinya adalah bahwa semakin tinggi independensi, profesionalisme, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja, maka kinerja auditor akan semakin meningkat.

Kata kunci: independensi, profesionalisme, tingkat pendidikan, pengalaman kerja, kinerja.

How to Cite
GERIANTA WIRAWAN YASA, I Gede Widya Saputra. PENGARUH INDEPENDENSI, PROFESIONALISME, TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA PADA KINERJA AUDITOR BPK RI PERWAKILAN PROVINSI BALI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 488-503, feb. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/4845>. Date accessed: 21 nov. 2019.
Section
Articles