PENGARUH EFEKTIVITAS KEBIJAKAN SUNSET POLICY PADA PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BADUNG UTARA TAHUN 2008

  • A.A Istri Raka Purnamawati Ni Luh Supadmi

Abstract

ABSTRAK

Pengaruh Efektivitas Kebijakan Sunset Policy terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Badung Utara pada tahun pajak 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas kebijakan sunset policy pada penerimaan pajak penghasilan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Utara. Metode analisis data yang digunakan penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu metode pemecahan masalah dengan cara memberi deskripsi serta mengeksplorasi data-data yang diperoleh dalam penelitian. Sebelum melakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan Uji Normalitas dan Uji Heterokedastisitas dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil analisis secara statistik pengaruh efektivitas kebijakan Sunset Policy adalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penerimaan pajak yang ditunjukkan pada nilai Adjust R2 sebesar 39,1 persen. Ini Artinya semakin efektif kebijakan Sunset Policy, maka penerimaan pajak penghasilan semakin meningkat. Apabila kebijakan seperti ini terusĀ  diselenggarakan maka target penerimaan pajak sesuai dengan yang diharapkan. KPP harus lebih banyak melaksanakan sosialisasi dan memberikan pelayanan yang baik kepada WP agar semua proses kewajiban pajak bisa berjalan dengan lancar.

Kata kunci : Efektivitas Sunset Policy dan Penerimaan pajak

Published
2013-02-10
How to Cite
NI LUH SUPADMI, A.A Istri Raka Purnamawati. PENGARUH EFEKTIVITAS KEBIJAKAN SUNSET POLICY PADA PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BADUNG UTARA TAHUN 2008. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 416-431, feb. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/4596>. Date accessed: 21 nov. 2019.
Section
Articles