PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN PIUTANG, LDR, SPREAD MANAGEMENT, CAR, DAN JUMLAH NASABAH PADA PROFITABILITAS LPD DI KECAMATAN KUTA

  • Meidy Anggreni

Abstract

ABSTRAK

Pelayanan dalam bidang keuangan didaerah pedesaan sangat penting dalam menunjang pembangunan nasional guna meningkatkan taraf hidup masyarakat. Daerah Bali dibentuklah suatu lembaga keuangan yang disebut Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Salah satu indikator untuk menilai sehat tidaknya LPD adalah profitabilitas. Kemampuan LPD untuk menghasilkan laba selama periode tertentu disebut profitabilitas. Besar kecilnya laba suatu LPD tergantung pada kemampuan manajemen dalam mengelola kas, piutang, aktiva, modal yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat perputaran piutang, loan to deposit ratio, spread management, capital adequacy ratio, pertumbuhan jumlah nasabah deposito dan tabungan pada profitabilitas. Penelitian ini dilakukan di LPD Kecamatan Kuta dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 21 LPD. Metode penentuan sampel yang digunakan non probalbility sampling yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa tingkat perputaran piutang, spread management dan capital adequacy ratio berpengaruh signifikan pada profitabilitas LPD di Kecamatan Kuta periode 2009-2011, sedangkan loan to deposit ratio dan pertumbuhan jumlah nasabah tabungan dan deposito tidak berpengaruh signifikan pada profitabilitas LPD di Kecamatan Kuta periode 2009-2011.

Kata kunci: piutang, LDR, spread management, CAR, nasabah


Published
2013-02-10
How to Cite
ANGGRENI, Meidy. PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN PIUTANG, LDR, SPREAD MANAGEMENT, CAR, DAN JUMLAH NASABAH PADA PROFITABILITAS LPD DI KECAMATAN KUTA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 303-215, feb. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/4587>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles