ANALISIS PENGARUH DAN PERBEDAAN KINERJA LEMBAGA PERKREDITAN DESA ANTARA WILAYAH PERKOTAAN DAN PERDESAAN DI KABUPATEN JEMBRANA

  • I Gede Rika Ristiadi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pertumbuhan aktiva produktif yang terdiri dari pertumbuhan kredit yang diberikan dan pertumbuhan penempatan dana pada bank lain dan dana pihak ketiga yang terdiri dari pertumbuhan tabungan dan pertumbuhan deposito pada kinerja operasional LPD (rasio BOPO) di Kabupaten Jembrana periode 2007-2011 serta perbedaan rata-rata aktiva produktif dan dana pihak ketiga di wilayah perkotaan dan perdesaan. Teknik penentuan dan pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan total sampel 51 LPD. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari pertumbuhan kredit yang diberikan, pertumbuhan penempatan dana pada bank lain, pertumbuhan tabungan, dan pertumbuhan deposito secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja operasional LPD di Kabupaten Jembrana dengan adjusted R2 sebesar 0,328. Uji beda menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pertumbuhan deposito antara wilayah perkotaan dan perdesaan, sedangkan untuk variabel bebas lainnya perbedaanya tidak signifikan.

Kata Kunci: Pertumbuhan Aktiva Produktif, Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga, Kinerja Operasional (Rasio BOPO)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-02-10
How to Cite
RISTIADI, I Gede Rika. ANALISIS PENGARUH DAN PERBEDAAN KINERJA LEMBAGA PERKREDITAN DESA ANTARA WILAYAH PERKOTAAN DAN PERDESAAN DI KABUPATEN JEMBRANA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 256-302, feb. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/4586>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles