PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA SAHAM UNGGULAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • I Putu Ari Gunawan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • I Ketut Jati Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Investasi di pasar modal dapat memberikan keuntungan berupa capital gain maupun dividen. Mengingat banyak faktor internal yang mempengarui return saham maka seorang investor dituntut mempunyai kemampuan untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi return saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh NPM, ROA, ROE, EPS, PER secara simultan dan parsial terhadap return saham pada saham unggulan di Bursa Efek Indonesia. Dengan jumlah sampel sebanyak 36 perusahaan serta menggunakan tenik analisis regresi berganda diperoleh hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel NPM, ROA, ROE, EPS, PER terhadap return saham. Secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan variabel NPM, ROA dan ROE terhadap return saham. Dan ada pengaruh yang signifikan secara parsial variabel EPS dan PER terhadap return saham.

 

Katakunci: EPS, NPM, PER, ROA, ROE, Return Saham
Published
2013-01-10
How to Cite
ARI GUNAWAN, I Putu; JATI, I Ketut. PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA SAHAM UNGGULAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], jan. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/4302>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles

Keywords

EPS, NPM, PER, ROA, ROE, Return Saham