Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Karyawan dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Mediasi

  • Ni Nyoman Novita Sari Murni Universitas Udayana
  • Gede Juliarsa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas sistem informasi akuntansi dengan budaya organisasi sebagai variabel mediasi berpengaruh atau tidak pada kinerja karyawan dengan menerapkan model Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Attitude and Behavior. Jumlah responden sebanyak 102 orang yang berhubungan secara langsung dengan sistem informasi akuntansi, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode nonprobability samplingteknikpurposive sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada LPD di Kecamatan Abiansemal.Teknik analisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel efektivitas sistem informasi akuntansi berpengaruhpositif dansignifikan  terhadap kinerja karyawan, variabel efektivitas sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dansignifikan terhadap budaya organisasi, variabel budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.Hasil juga menunjukkan bahwa budaya organisasi dapat memediasi pengaruh efektivitas sistem informasi akuntansi terhadap kinerja karyawan LPD Se-Kecamatan Abiansemal.


Kata kunci:   Technology Acceptance Model, Theory of Attitude and Behavior, Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-21
How to Cite
MURNI, Ni Nyoman Novita Sari; JULIARSA, Gede. Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Karyawan dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 715-740, june 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/40065>. Date accessed: 05 dec. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i01.p27.
Section
Artikel