Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Pertumbuhan Koperasi pada Profitabilitas dengan Non Performing Loan Sebagai Moderasi

  • I Putu Pradiantama Risda Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Gede Juliarsa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Koperasi adalah badan usaha yang berdasarkan atas asas kekeluargaan yang anggotanya terdiri dari orang perorangan atau badan hukum dengan tujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Peran dan manfaat koperasi di Indonesia sangatlah penting, karena koperasi membuka pintu gerbang Usaha Kecil dan Menengah (UKM), menciptakan masyarakat mandiri, penggerak perekonomian hingga menciptakan lapangan kerja baru. Penelitian dilakukan pada Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Denpasar Utara Tahun 2013-2015. Sampel penelitian ini adalah laporan keuangan masing-masing koperasi simpan pinjam yang ada di Kecamatan Denpasar Utara yang berjumlah 12 koperasi pada tahun 2013-2015 yang dipilih dengan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis, hasilnya menunjukkan bahwa perputaran modal kerja dan pertumbuhan koperasi berpengaruh positif signifikan pada profitabilitas. Penelitian ini juga menemukan bahwa Non Performing Loan mampu memoderasi pengaruh perputaran modal kerja dan pertumbuhan koperasi pada profitabilitas.


Kata kunci:  tingkat perputaran modal kerja, pertumbuhan koperasi, profitabilitas, non performing loan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-08
How to Cite
PUTRA, I Putu Pradiantama Risda; JULIARSA, Gede. Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Pertumbuhan Koperasi pada Profitabilitas dengan Non Performing Loan Sebagai Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 929-958, july 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/40047>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p05.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>