Pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dengan Belanja Modal dan Investasi Swasta sebagai Pemoderasi

  • Ida Ayu Saraswati Universitas Udayana
  • I Wayan Ramantha Universitas Udayana

Abstract

Pertumbuhan Ekonomi merupakan salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan pembangunan ekonomi dalam suatu negara. Diharapkan dengan adanya penerimaan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi daerah, peningkatan PAD dapat meningkatkan investasi Belanja Modal pemerintah daerah, pemerintah daerah perlu memberikan perhatian khusus dalam bidang investasi swasta. Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan asli daerah terhadap pertumbuhan ekonomi dengan belanja modal dan investasi swasta sebagai variabel pemoderasi. Dilakukan pada 8 Kabupaten dan 1 Kota Madya di Provinsi Bali pada tahun 2012-2016. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan PAD berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Belanja Modal memperlemah pengaruh PAD terhadap Pertumbuhan Ekonomi, sedangkan Investasi Swasta memperkuat pengaruh PAD terhadap Pertumbuhan Ekonomi.


Kata kunci: pendapatan asli daerah, pertumbuhan ekonomi, belanja modal, investasi swasta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-21
How to Cite
SARASWATI, Ida Ayu; RAMANTHA, I Wayan. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dengan Belanja Modal dan Investasi Swasta sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 662-686, june 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/39997>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i01.p25.
Section
Artikel