Pengaruh Konservatisme Akuntansi, Good Corporate Governance dan Pertumbuhan Perusahaan Pada Earnings Response Coefficient

  • Ni Made Aristawati Universitas Udayana
  • Ni Ketut Rasmini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Kualitas laba penting bagi pengguna laporan keuangan untuk tujuan kontrak dan pengambilan keputusan investasi. Earnings Response Coefficient adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengukur kualitas laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konservatisme akuntansi, Good Corporate Governance dan pertumbuhan perusahaan pada Earnings Response Coefficient. Penelitian ini menggunakan data sekunder pada perusahaan yang terdaftar di BEI dan masuk pemeringkatan IICG pada tahun 2011-2015. Teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 6 sampel dengan pengamatan lima tahun menjadi 30 observasian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.


Hasil analisis menunjukkan bahwa konservatisme akuntansi berpengaruh positif pada ERC. Sedangkan variabel GCG dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh pada ERC. Penelitian ini mendukung teori sinyal yang menjelaskan mengapa perusahaan mempunyai inisiatif dan dorongan untuk memberikan informasi kepada pihak eksternal. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai referensi dan tambahan informasi bagi pihak yang berkepentingan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-08
How to Cite
ARISTAWATI, Ni Made; RASMINI, Ni Ketut. Pengaruh Konservatisme Akuntansi, Good Corporate Governance dan Pertumbuhan Perusahaan Pada Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 1503-1529, july 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38992>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p25.
Section
Artikel