Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Pengalaman Menggunakan Sistem E-Filling Pada Penggunaan Sistem E-SPTPD

  • I Gde Oka Jayatenaya Universitas Udayana
  • Ketut Jati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

 


Penggunaan teknologi memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan sistem e-SPTPD oleh wajib pajak sebagai sarana pelaporan pajak, yang diukur melalui persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan pengalaman menggunakan sisten e-filling. Penggunaan sistem e-SPTPD merupakan diterimanya sistem e-SPTPD oleh wajib pajak sebagai sarana pelaporan pajak. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Badung. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 96 wajib pajak pengguna e-SPTPD. Metode penentuan sampel menggunakan convenience sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemuai sebagai sumber data. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa  persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan pengalaman menggunakan sistem e-filling berpengaruh positif pada penggunaan sistem e-SPTPD.


Kata Kunci : kegunaan, kemudahan, pengalaman, penggunaan sistem.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-26
How to Cite
JAYATENAYA, I Gde Oka; JATI, Ketut. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Pengalaman Menggunakan Sistem E-Filling Pada Penggunaan Sistem E-SPTPD. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 3, p. 2285-2310, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38681>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i03.p25.
Section
Artikel