Pengaruh Philanthropy Disclosure terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi

  • Erdina Monita Universitas Udayana
  • I Dewa Nyoman Wiratmaja Universitas Udayana

Abstract

Profitabilitas yang tinggi dapat mempengaruhi jumlah philanthropy yang dilakukan perusahaan sehingga meningkatkan nilai perusahaan. Philanthropy disclosure memberikan image positif di mata masyarakat sehingga nilai perusahaan meningkat yang ditunjukkan oleh harga sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris pengaruh philanthropy disclosure terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 45 perusahaan, dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderating Regression Analysis (MRA). Hasil analisis menemukan bahwa philanthropy disclosure berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas dapat memperkuat pengaruh philanthropy disclosure terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
MONITA, Erdina; WIRATMAJA, I Dewa Nyoman. Pengaruh Philanthropy Disclosure terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 1146-1170, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/37042>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i02.p13.
Section
Artikel