Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance dan Manajemen Risiko Pada Kinerja Keuangan Koperasi di Kabupaten Gianyar

  • A.A Gede Bagus Putra Wirawan Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Made Asri Dwija Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) antara lain transparancy, accountability, responsibility, indepedency, dan fairness saat ini harus diterapkan disegala aspek bisnis termasuk koperasi untuk mendorong terciptanya koperasi efisien.Manajemen Risiko disini untuk mengetahui tingkat kesehatan pada koperasi itu sendiri dengan proksi BOPO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan prinsip-prinsip GCG dan manajemen risiko pada kinerja keuangan yang diukur dengan return on assets pada kinerja keuangan koperasi di Kabupaten Gianyar. Sebanyak 87 koperasi di Kabupaten Gianyar digunakan sampel dalam penelitian. Untuk menentukan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Analisis regresi linier berganda dengan SPSS digunakan teknik analisis data.Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa prinsip-prinsip GCG berpengaruh positif dan manajemen risiko berpengaruh negatif pada kinerja keuangan koperasi di kabupaten Gianyar.


Kata Kunci: prinsip-prinsip good corporate governance,manajemen risiko, koperasi,  kinerja keuangan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-25
How to Cite
WIRAWAN, A.A Gede Bagus Putra; DWIJA PUTRI, I Gusti Ayu Made Asri. Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance dan Manajemen Risiko Pada Kinerja Keuangan Koperasi di Kabupaten Gianyar. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 3, p. 1791-1818, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/36996>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i03.p07.
Section
Artikel